Name Tag

Rabu, 21 Maret 2012

Pengamatan dan Analisis Lingkungan (SWOT) P.D G&A

Pengamatan dan Analisis Lingkungan
P.D G&A



A.    P.D G&A
P.D G&A merupakan perusahaan yang memproduksi dan menjual boneka. P.D G & A terletak di Jl. Pangeran Jayakarta No. 30 A Kel. Harapan Mulya, Kec. Medan Satria, Bekasi, 17143, 021-8892264.
Boneka dibuat dengan menggunakan mesin yang kemudian diselesesaikan dengan menggunakan tangan. Boneka yang diproduksi tersebut kemudian dijual di sebuah toko yang berada tepat di sebelah pabrik di tempat yang sama. Terdapat beraneka ragam boneka yang diproduksi dan dijual, seperti boneka tokoh-tokoh kartun (Shaun the Sheep, Spongebob, Krisna, dsb), boneka binatang-binatang (Lumba-lumba, Sapi, Katak, dsb), dan boneka berbentuk benda-benda lain seperti (Kursi, Bola, Hati, dsb). Ukurannyapun beragam, mulai dari ukuran gantungan kunci hingga boneka setinggi 2m.
Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2003 dengan bantuan dana dari BPRS dan BNI. Sasaran dari perusahaan tersebut adalah masyarakat dari golongan menengah ke bawah dan menengah ke atas, dari berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa, adapun harga yang ditawarkan bervariasi dari harga Rp 3.000 sampai harga Rp 500.000 dan memiliki aset berupa toko, pabrik, gudang (6 kamar tidur dan 1 kontrakkan), dan kendaraan (2 mobil, 3 motor, 10 mesin jahit, 2 mesin potong, dan 1 mesin las).
Perusahaan ini buka mulai pukul 07.30 sampai dengan 15.30 (untuk pabrik) dan 21.00 (untuk toko), memiliki total karyawan kurang lebih 35 orang dengan omset perbulan kurang lebih Rp 150.000.000. Perusahaan berjalan dengan kekeluargaan dan pembagian kerja menjadi 4 koordinator bagian (persediaan barang mentah, persediaan barang jadi, produksi dengan menggunakan mesin, dan finishing).

B.     Pengamatan dan Analisis Lingkungan Internal 
a.      Kekuatan (Strength)
1.     Produk yang diproduksi dan dijual memiliki kualitas yang baik dan bervariasi.
2.    Produk yang diproduksi dan dijual memiliki ciri khas yang mencirikan produk buatan P.D G&A.
3.     Produk yang diproduksi dan dijual awet dan tahan lama.
4.  Produk dijual dengan harga yang jauh lebih murah dan mudah dalam pembayaran (kredit atau cash, langsung maupun via telepon).
5.     Pelayanan yang baik dan ramah.
6.  Pabrik dan toko terletak di tempat yang strategis (dekat dengan stasiun Bekasi dan tempat pengiriman barang).
7.  Menyediakan pelayanan yang mudah untuk mengantar barang (bebas ongkos kirim).
8.     Barang yang dijual ready stock dan inden stock.
9.     Untuk pemborong akan mendapatkan potongan.
10.     Apabila barang yang dimiliki mengalami kerusakan maka boleh retur.
b.      Kelemahan (Weakness)
1.  Lokasi pabrik dan toko yang kurang aman dan tidak memiliki petugas keamanan.
2.      Kondisi toko yang kurang nyaman (sesak oleh boneka dan panas).
3.      Tempat parkir kecil.
4.      Kurang promosi
5.      Pembeli sulit mendapatkan informasi yang jelas.
6. Kekurangan karyawan untuk bagian pembelian dan pengantaran barang (pemilik  masih membeli dan mengantar sendiri).
                        7.   Pemilik masih sulit memisahkan antara harta pemilik dengan harta perusahaan. 

       C.   Pengamatan dan Analisis Lingkungan Eksernal 
              a. Kesempatan (Opportunity)
1.      Ketika muncul karakter-karakter kartun baru.
2.      Ketika diadakan pameran-pameran UKM.
            3.      Ketika datangnya musim-musim atau tren-tren (warna, bentuk, dan model) yang baru. 
                    b. Ancaman (Threats)
1.      Pesaing.
2.      Inflasi.
3.      Kenaikan harga minyak bumi.
4.      Cuaca buruk.
5.      Kebijakan pemerintah (pajak, dll).

D.    Kesimpulan Analisis
Berdasarkan analisis yang telah tersampaikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa P.D G&A merupakan perusahaan yang memiliki kekuatan yang kuat pada produk (berkualitas) dan pelayanannya. Sedangkan kelemahan yang paling menonjol adalah pada manajemen atau pengaturan keuangan dan pemisahan antara harta pemilik dan harta perusahaan juga kurangnya kegiatan promosi, meski kini perusahaan ini telah memiliki omset yang cukup besar untuk perusahaan yang belum 10 tahun berdiri, namun jika kegiatan promosi lebih ditingkatkan, maka omset itu dapat bertambah karena pembeli memiliki informasi yang cukup.
Bagi perusahaan ini, kesempatan yang paling berpengaruh adalah ketika ada musim-musim atau tren-tren tertentu yang sedang diminati masyarakat sedangkan penghalang yang paling mempengaruhi adalah kenaikan harga minyak bumi yang dapat mengbakibatkan kenaikan harga bahan baku serta kenaikan harga barang yang di jual, juga cuaca buruk yang dapat mengakibatkan sulitnya distribusi dari pemasok bahan baku ke perusahaan, dan proses pengantaran barang dari perusahaan ke pembeli.


   
      Penyusun:
       - Gina Septiani 
              - Sita F. H. Stiman
         - Wanda Anindita 
     Narasumber: 
              - Bpk. Suparto (pemilik perusahaan) 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar